[Day 1] JalanNin Aja Dulu ke Hong Kong

by - Mei 05, 2017

Hong Kong building

CUTIIIII! YEAY! Akhirnya setelah kerja selama 1 tahun 8 bulan lebih, gue bisa cuti buat liburan juga. Alhamdulillah. Soalnya gue nggak dapet libur panjang pasca lulus kuliah, jarak dari gue lulus kuliah dan masuk kerja itu cuma jeda satu minggu. Gue sidang yudisium tanggal 2 Juli 2015, dan gue masuk kerja tanggal 9 Juli 2015. Sesuatu sekali bukan? Disaat temen-temen gue lagi jalan-jalan dan menikmati masa-masa kebebasannya, gue udah mesti bangun pagi buat berangkat kerja. Tapi kalo nggak gitu, cerita ini nggak bakal ada. Makasih Mah, Yah berkat semua doanya.
Tempat tujuan gue liburan ini adalah, the place that I've always been dreaming of since childhood. Disneyland! AAAAA~ I've got over excited!
Dari kecil itu gue udah nonton kartun-kartun Disney, waktu itu Ayah masih nyewa kaset laser disk yang segede nampan. Gue udah ngerengek-rengek sama orang tua gue buat pergi ke Disneyland dari gue TK dan jawaban orang tua gue selalu konsisten "Iya nanti ya kalo ayah ada uang" karena posisinya saat itu Disneyland yang paling deket baru ada di Jepang deh kalo nggak salah, lagipula tiket pesawat dan akomodasi buat keluar negeri tuh nggak segampang sekarang, jadi ya wajar aja kalo sampe gue setua ini baru kesampean gue ke Disneyland. Awalnya gue sama temen gue mau ke Jepang, tapi berhubung waktunya nggak cukup kalo ke Jepang (gue nggak rela kalo ke Jepang cuma 3 hari, gue maunya minimal seminggu, dan budgetnya belum cukup juga hihihihi) jadi akhirnya kami pilih yang di Hong Kong aja. Dengan nekatnya, kami berdua nggak jadi ikut travel guide buat kesana, dan jadilah semua itenarary dan akomodasi di prepare sendiri. Ini pengalaman pertama bagi gue dan Dhea buat pergi keluar negeri secara mandiri (tanpa orang tua, tanpa travel guide, tanpa orang yang bisa dipercaya deh pokoknya). Jadi gue bakal share tentang perjalanan kami, plus dengan budgetnya (sebelum temen-temen pada nanyain "Nin kesana abis berapa duit?" gue udah prepare sebelumnya hehehe), sebenernya sih gue nggak bisa disebut backpacker juga, tapi juga nggak mewah-mewah amat, yaa pokoknya senyaman gue aja deh hehehe kebetulan gue sama Dhea setipe. Silahkan disimak.

HARI PERTAMA
Selasa, 28 Maret 2017,
Kami penerbangan jam 04:40 pagi, dan transit di KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Malam sebelumnya, ciwi-ciwi pada ngumpul di hotel yang udah Dhea booking dan orang tua gue juga ikut nganterin gue sampe hotel, berasa mau naik haji, banyak yang nganterin hahaha. Seneeeeng, jadi bisa kumpul bocah walaupun cuma beberapa jam. Kami udah berangkat dari hotel (J Hotel, deket bandara Soeta) jam setengah 3 pagi dianter pake mobil dari hotelnya. Penerbangan ini juga pengalaman perdana gue buat sholat di dalem pesawat, karena sebelum shubuh udah harus naik ke pesawatnya akhirnya gue sholat didalem pesawat. Tayamum dan solatnya duduk aja, untungnya banyak penumpang yang tidur dan lampunya juga dimatiin, jadi nggak mencolok-mencolok amatlah gue pake mukenanya hehehe. Jam 7 pagi (waktu di Malaysia beda 1 jam dari Indonesia) alhamdulillah udah sampe di KLIA, dan delay 1 jam, jadi transitnya 2 jam, gue  memanfaatkan waktu itu buat menyelesaikan masalah dengan perut gue. Yaa you know lah ya kalo tidur sebentar, terus naik pesawat, dingin, dikasih sarapan, jadi mules-mules gak jelas deh, maklumin lah ya, rada kampung hehehe.

Sampai di HKIA (Hong Kong International Airport) jam 2 siang, pas mau ke pengambilan bagasi, gue disamperin sama ibu-ibu petugas bandara yang pake masker dan bawa tembakan suhu badan gitu. "Excuse me, I want to check your temperature" karena posisinya gue masih pusing-pusing nggak jelas gitu abis muntah dipesawat gara-gara minum orange jus yang acyeeem banget. Gue diem aja pas diperiksa, karena suhu badan gue normal, dia mempersilahkan gue pergi, dan yang anehnya cuma gue yang diperiksa, temen gue nggak. Setelah gue pikir agak lama, "Hacyemeleh! Itu Ibu-ibu ngira jerawat gue ini cacar? Makanya dia ngecek temperatur gue!? KZL." si Dhea ketawa-ketawa aja denger kesimpulan gue. Jerawat, apa yang kamu lakukan ke saya itu jahad!

Di HKIA, gue beli simcard buat disana yang (katanya awet) selama 5 hari, bisa buat telponan, sms, dan paling penting adalah paket internet. Gue belinya di Seven Eleven yang ada sebelum pengambilan bagasi. Terus abis itu gue beli Octopus Card, di booth yang ada  ditengah jalan yang menuju Airport Express (MTR yang dari bandara) ataupun Airport Bus. Sebelumnya gue udah nanya ke salah satu blogger yang pernah ngereview perjalanannya selama ke Hong Kong dan dia menyarankan buat gue naik Airport Bus no A10 aja buat ke hotel gue karena murah dan haltenya deket sama hotel yang gue inepin. Makasih banyak mba Fika (ini blognya dia) buat sarannya, sangat amat berguna.

Airport Busnya nyaman banget, ada tempat khusus koper, busnya juga tingkat, dan informasi halte-halte tujuannya lengkap banget. Please jangan tanya gue buat ngebandingin sama bus DAMRI di Indonesia, gue nggak pernah ke bandara naik bus DAMRI hehehe jadi nggak tau isinya kayak gimana. Setelah perjalanan selama satu jam didalem bus, gue turun di halte yang mba Fika bilang deket hotel gue. Tapi gue masih nggak bisa liat dimana hotel gue berdiri kokoh. Lebih parahnya lagi, google maps gue dan Dhea sama-sama error. Ya umpaaan, rempong banget, mana nenteng-nenteng koper, mondar-mandir tetep aja mapsnya error. Entah ada angin apa, tiba-tiba ada cowok yang penampilannya rapi didepan gue lagi main handphone sambil nunggu lampu merah mau nyebrang. Gue nanya sama dia, "Mas, tau nggak jalan menuju masa depan yang sakinah bersamamu kemana ya?" eh salah, salah konteks. Gue nanya, dia tau nggak Grand Hotel City ada dimana? Terus gue kasih liat di handphone gue mapsnya error. Dengan baiknya, dari yang awalnya dia nggak tau hotelnya ada dimana, dia langsung nyariin alamat hotel itu di handphonenya terus nunjukkin sejelas-jelasnya letak hotel itu ada dimana, sampe dia nggak jadi nyebrang loh. Duh baik bener, mana ganteng, wangi, rapi, hemh...boleh dibungkus aja gak buat dibawa pulang? Karetnya dua deh.

Gue nginep di Grand City Hotel, di daerah Sai Ying Pun, Hong Kong Island. Mungkin karena gue terbiasa nginep di hotel yang ada parkirannya, pas liat hotel ini gak ada parkirannya berasa gimana gitu. Ya biaya sewa/jual tanah disana itu mahal banget sih, jadi wajar bangunannya nggak ada yang tumbuh kesamping, tapi tumbuh keatas semua (kebanyakan minum susu kayaknya, jadi numbuhnya keatas). Karena gue anaknya nggak mau ribet, jadi gue memutuskan untuk nginep di hotel itu selama 3 hari.
Dekorasi di MTR Sai Ying Pun
Gedung-gedung disekitar Victoria Park



Selesai rapi-rapi di kamar hotel, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke The Peak, buat liat pulau Hong Kong dari dataran tinggi. Sumpeh, jalanan di Hong Kong tuh kayak lagunya Ninja Hatori, mendaki gunung melewati lembah banget. Dari hotel ke The Peak sebetulnya sih deket, cuma naik MTR turun setelah 2 stasiun (Central), terus abis itu jalan kaki deh. Jalan menuju The Peak itu ngelewatin taman yang fenomenal bagi ekspatriat pahlawan devisa Indonesia, yaitu Victoria Park. Sebetulnya Victoria Park dibandingin sama Taman Menteng masih lebih luas Taman Menteng sih, dan lebih beragam juga fasilitas yang ada di Taman Menteng, tapi kalo di Victoria Park nggak ada anak alay yang bakal suwit-suwitin dan nggak ada tukang gorengan atau cangcimen.

Sampe The Peak, gue sama Dhea mesti antri lagi buat naik Tramnya ke The Peak Galeria. Pas naik tram yang hampir 90 derajat itu, I'm feeling amazed and dizzy at the same time, pemandangannya bagus tapi entah kenapa gue ngerasa mual pas naik tram itu, mungkin karena bawanya kayak lagi diboncengin cowok tengil yang lagi pdkt. Gas, rem, gas, rem, bikin pusing. Sampe di The Peak Galeria, langsung disuguhi dengan toko pernak-pernik oleh-oleh. Berhubung gue anaknya nggak bisa nawar yang maksa (ya gue kalo nawar terus ditolak, yaudah gue pergi aja nggak bakal maksa) dan disitu harganya udah di bandrol, jadi gue beli oleh-oleh disana aja. Saran gue, lo jangan beli kaos disana, luntur cyiiin bajunya. Mending beli yang lain deh.
Suasana di dalam tram
Di The Peak Galeria itu ada Madame Tussaudsnya juga, terus Trick Art Museum, dan tenant-tenant lainnya selayaknya mall di Jakarta. Saat gue naik di Sky Terrace langsung disambut dengan angin malam Hong Kong. Brrrrr~ dingin banget cyin, baju gue ternyata kurang tebel. Sebenernya kalo anginnya nggak lagi dingin kayak diperalihan musim gini (dari musim dingin ke musim semi) kayaknya nongkrong lama-lama di Sky Terrace ini seru banget deh, pemandangannya bakal jelas dan gak berkabut kayak waktu itu gue kesana. Setelah foto-foto sebentar, gue sama Dhea langsung turun kebawah mau beli Burger King yang pelayannya super duper nyebelin. Dia bilang kalo tokonya udah tutup itu "Hows" gue sama Dhea dengernya kayak gitu dan itu udah berlangsung kira-kira 3 menit gue sama Dhea udah liat-liat menu dan dia terus-terusan ngomong "Hows" kan gue pikir dia nanya how, dan sampai pada akhirnya dia ngomong "Du yu now hows? Finis!". Laaaaah dia yang kagak bisa ngomong closed, kita yang diomelin, seketika langsung kangen mas-mas KFC, McD, Pizza Hut Indonesia yang kalo ngomong tuh sopan banget huhuhu.


Pemandangan dari Sky Terrace kala itu



Kita naik tram lagi buat turun ke lobby kedatangan pertama tadi, karena itu udah penuh banget jadi gue dan Dhea duduk terpisah, Kebetulan disamping gue itu cowok yang kayaknya sih orang Melayu. Eh bener aja, tiba-tiba dia ngajak gue ngobrol (awalnya sih gue celingak-celinguk, ini orang bener gak ya ngomong sama gue, tar gue doang lagi yang kegeeran). Ternyata dia dari Singapore, ini perjalanan pertamanya juga ke Hong Kong berdua sama temennya cowok juga yang ternyata berdiri dideket Dhea. Dia nanya kapan gue bakal ke Disneyland? Gue jawab hari kamis, karena gue dan Dhea awalnya berencana kayak gitu, eh dia bilang dia juga mau kesana hari kamis kebetulan banget. Terus gue bilang basa-basi "sampe ketemu disana ya". Bla-bla-bla chit-chat gitu, sampe akhirnya kita sampe di lobby, we say goodbye. Tapi ternyata...tomorrow morning we decided to go to Disneyland, karena menurut ramalan cuaca yang Dhea baca di google, hari kamis akan hujan badai. Ya...gue cewek php tahun 2017. 

Cukup sekian ceritanya ya buat hari pertama di Hong Kong, dan berikut ini rincian pengeluarannya selama seharian, serta beberapa tips dari gue, semoga berguna ya hehehe;
  • Penerbangan JKT-KL-HK-KL-JKT by Malaysia Airlines booking lewat TX Travel Rp 3.120.000 [inc bagasi 30kg & meals on board]
  • Grand City Hotel by Traveloka 4D3N Rp 2.671.524 [inc breakfast] (bagi dua sama Dhea) 
  • Discover Hong Kong Tourist Sim card buat 5 hari HK$ 88 
  • Octopus card 150 HK$ (saldonya cuma HK$ 100 dan HK$ 50 nanti bisa di refund) 
  • Tiket The Peak tram+Sky Terrace HK$ 90 
  • Beli oleh-oleh, hmm sekitar HK$ 400 
  • Deposit pas nginep di Grand City Hotel HK$ 500  (kejam sih ini menurut gue, depositnya terlalu besar, walaupun bakal dibalikin pas check out tap...tapi kaan...gue terpaksa pake kartu debit gue buat transaksi yang padahal pengen gue hematin. Emang jalan-jalan tuh gak boleh hemat hahaha)
Nah kalo itu budget gue buat hari pertama, sekarang saran-saran dari gue selama perjalanan.
  1. Siapin botol minum kosong buat di reffil air minum di bandara KLIA & HKIA kkarena lo belom tentu punya ringgit buat beli minum disana dan agak aneh aja lo pake credit card/debit cuma buat beli air mineral. Tapi kalo di Soekarno Hatta mah lo beli aja minum, gak usah ngarep reffil air mineral gratis, belom ada soalnya hehehe. 
  2. Pilih maskapai penerbangan yang berasal dari negara yang bahasanya mudah lo mengerti, karena walaupun mereka pake bahasa inggris untuk komunikasi utama, tapi bahasa keduanya akan ngikut ke bahasa asal maskapai itu. Ya kan rada geje yaaa kalo tiba-tiba lo denger pemberitahuan dalam bahasa tagalog, dengernya aja udah pusing hahaha.
  3. Buat yang punya sakit maag, JANGAN PERNAH MINUM ORANGE JUICE DI MALAYSIA AIRLINES, itu asem banget! Jus itu berhasil bikin  gue bolak-balik toilet buat muntah. Pertama kalinua gue muntah diatas awan, maaf ya awan, kamu aku muntahin.
  4. Buat yang pengen tambah nge-"fly" boleh banget minta wine ke pramugarinya, karena emang disediain. Yah gue mah apa atuh, minum orange juice aja muntah.
  5. Bawa tempat makan kosong, karena kalo makanan lo gak abis yang di pesawat, itu bisa jadi bekel selama perjalanan.
  6. Bawa makanan kering dari Indonesia buat makan lo disana juga boleh banget, kalo gue kemaren bawa abon pak Moko. Itu endes cyin. Lagipula disana kan susah ya cari makanan halal (McD/KFC disana aja belom halal), jadi gue selalu bawa abon kemana-mana.
  7. Selalu sediain uang tak terduga. Entah dalem bentuk cash, debit, ataupun credit card. 
  8. Di Hong Kong itu kebanyakan ukuran kamar hotel itu kecil-kecil. Nah lo mesti mikirin tuh, dengan postur tubuh lo dan ukuran kamar lo nginep cukup gak buat solat? Makanya gue cari kamar yang ada space nya buat gue solat. Gak mau kan jalan-jalan lo gak dilindungi sama Allah? 
  9. Hati-hati pas makan, gue aja sarapan dihotel cuma bubur polos dengan taburan abon yang gue bawa, sereal + susu, roti, gitu aja ampe gue check out. Padahal kata Dhea dimsumnya enak huhuhu, sabar ya perut. Kita makan dimsum di Jakarta aja. 
  10. Apalagi ya? Entar deh kalo gue udah inget lagi hehehe.

You May Also Like

0 komentar